5 Cara Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Form

Sejak pandemi virus Corona beberapa waktu lalu, kuis maupun ujian dari kampus dan sekolah hampir selalu dilakukan secara online. Bahkan saat virus Corona sudah lebih terkontrol seperti sekarang, masih banyak instansi yang menerapkan kuis online dengan mengandalkan Google Form. Jika anda adalah tenaga pendidik yang ingin memanfaatkan Google Form, simak cara membuat soal pilihan ganda online berikut.

Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Form Yang Baik dan Benar

1. Buka Google Form

Masuk ke Google Form terlebih dahulu merupakan step pertama yang harus anda lakukan apabila ingin membuat soal melalui layanan tersebut. Dimana anda bisa langsung search di Google ataupun masuk ke Google Form lewat Google Dokumen, silahkah pilih yang dirasa paling mudah menurut anda. Jika melalui Google Dokumen, klik ikon tiga garis di bagian sudut kiri atas layar dan pilih opsi ‘Formulir’.

2. Buat Judul dan Deskripsi Soal

Jika sudah login Google Form dengan akun Google, pilih formulir baru yang bertanda plus. Anda bisa mengisikan judul file formulir dengan nama kuis yang akan dilaksanakan. Misalnya kuis tentang Bahasa Indonesia Bab Puisi, berarti judulnya bisa dibuat seperti ‘Soal Bahasa Indonesia Bab Puisi’.

Sementara deskripsinya dapat ditulis sesuai dengan perintah pengerjaan kuis, contohnya ‘Isilah pilihan ganda berikut dengan benar’. Selain itu, tidak lupa buat menu Nama Lengkap dan Kelas atau Nomor Absen untuk para siswa. Jadi nantinya memudahkan anda untuk mengetahui siapa yang mengerjakan kuis tersebut.

3. Membuat Soal Pilihan Ganda

Setelah membuat judul dan mengisikan deskripsi soal, maka ini saatnya untuk membuat soal pilihan ganda. Jadi pastikan bentuk soal yang dipilih adalah pilihan ganda. Sebab di sana ada beberapa pilihan menu seperti Jawaban Singkat, Paragraf, Kotak Centang, dan lain sebagainya.

Jika sudah dipastikan bentuk soalnya pilihan ganda, bisa langsung mengisikan pertanyaan yang akan dijadikan soal, lengkap dengan poin poin pilihan gandanya. Anda juga bisa klik ikon ‘Tambahkan Gambang’ yang terletak di samping pertanyaan, apabila ingin menambahkan gambar pada soal. Nantinya gambar akan diperlihatkan berada di atas poin poin pilihan ganda.

Selain gambar, anda pun dapat menambahkan video. Karena Google Form memang telah menyediakan toolbar dengan banyak pilihan opsi lain. Mulai dari penambahan bagian soal, gambar, video, judul dan deskripsi soal, dan lain sebagainya. Bahkan anda bisa mengimpor pertanyaan untuk soal dari laptop atau PC.

4. Membuat Kunci Jawaban untuk Skor Nilai

Membuat kunci jawaban untuk skor nilai bisa dilakukan dengan klik ikon gear atau menu Pengaturan. Kemudian pilih menu Kuis dan aktifkan ‘Jadikan ini sebagai kuis’. Setelah itu tekan kunci jawaban di menu bagian bawah. Anda bisa memilih jawaban yang benar dan memberi poin sesuai jumlah soal.

Misalnya soal kuis memiliki 10 pertanyaan, maka masing masing soal mempunyai bobot nilai 10. Jadi masukkan 10 untuk skor nilainya pada masing masing soal. Terakhir, tekan Selesai untuk konfirmasi pembuatan kunci jawaban dan skor nilainya. Jadi ketika siswa memilih jawaban yang tepat pada nomor tertentu, maka ia akan mengantongi skor sebesar 10 poin.

5. Kirim Link dan Lihat Nilai di Google Form

Jika soal sudah dibuat lengkap dengan kunci jawabannya, maka anda sudah bisa menyalin link Google Form tersebut untuk dibagikan ke para siswa. Nantinya peserta didik bisa langsung mengerjakan soal kuis dari tautan yang telah dibagikan. Melihat nilai siswa yang sudah mengerjakan kuis pun sangat mudah.

Karena secara otomatis akan terkoreksi sesuai kunci jawaban yang telah diinput, sehingga anda tidak perlu menilai satu persatu. Adapun cara melihat nilai di Google Form yaitu dengan membukanya dari Google Drive. Klik menu Respons yang ada di sebelah menu Pertanyaan, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan Download Tanggapan. File nilai siswa tersebut nanti bisa dibuka di MS Excel.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Pintar Memilih:

Tinggalkan komentar